Beranda | Artikel
Hakikat Khawarij, Dahulu dan Sekarang (Ustadz Abu Qatadah)
Sabtu, 23 Januari 2016

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Qatadah

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Qatadah

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hakikat Khawarij, Dahulu dan Sekarang

Perlu kita ketahui bersama bahwa orang yang mendapatkan nikmat yang hakiki adalah orang yang tidak tersentuh atau tidak terkena syubhat kesesatan. Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam hadits Irbadh bin Sariyah radhiyallahu ‘anhu, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا، فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّيْنَ، عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ، فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ

“Sesungguhnya orang yang hidup nanti (setelahku) akan melihat perpecahan yang banyak, maka hendaknya kalian senantiasa berpegang teguh dengan Sunnahku dan Sunnah Khulafa Ar-Rasyidin yang diberi petunjuk. Gigitlah ia dengan gigi geraham dan jauhilah oleh kalian perkara yang diada-adakan. Karena setiap perkara yang diada-adakan itu adalah bid’ah, dan setiap bid’ah itu sesat.”

Di dalam hadits tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan kepada kita bahwa sepeninggal beliau akan terjadi banyak perpecahan, penyimpangan, dan kesesatan. Maka beliau menganjurkan kepada kita agar kita berpegang teguh kepada sunnah-sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengabarkan kepada kita bahwa umat Islam ini akan terpecah menjadi 73 golongan. Dan 72 golongan akan terancam masuk neraka karena penyimpangannya, dan hanya 1 kelompok yang akan masuk surga. Yaitu mereka yang senantiasa berpegang teguh dengan ajaran-ajaran dan sunnah-sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

Di antara kelompok sesat yang sangat jauh dari ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah kelompok atau sekte khawarij, saat ini dikenal dengan ISIS. Sekte khawarij ini sangat jauh menyimpang dari Islam, mereka identik dengan kebiasaan mereka yang haus darah kaum muslimin, mudah mengkafirkan kaum muslimin, keras perlakuannya terhadap kaum muslimin, dan lainnya.

Simak penjelasan Ustadz Abu Qatadah mengenai “Hakikat Khawarij, Dahulu dan Sekarang” selengkapnya dengan mendownload rekamannya sekarang juga atau dengarkan melalui player yang kami sediakan di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Qatadah – Hakikat Khawarij, Dahulu dan Sekarang

Ayo kita sebarkan link ceramah agama ini ke akun media sosial yang kita miliki agar kaum muslimin bisa mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu khairan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/18558-hakikat-khawarij-dahulu-dan-sekarang-ustadz-abu-qatadah/